Tuesday, August 16, 2011

Teh Tawar, Minyak Rem Darurat


REM adalah syarat mutlak sebagai piranti keamanan berkendara. Fungsi rem dalam mengurangi kecepatan atau menghentikan kendaraan menjadi sangat krusial. Untuk itu jangan pernah abaikan perawatan rem pada mobil atau sepeda motor Anda.

Bila ingin berpergian jarak jauh, selalu periksa kondisi sistem rem. Pastikan pastikan ketebalan kanvas rem atau sepatu rem masih dalam kondisi baik. Bila sudah terlihat tipis, segera ganti. Selanjutnya, mengecek kebocoran di pipa master dan juga kabel rem.

Biasakan hindari cara mengerem mendadak. Anda bisa menggunakan engine brake (menurunkan transmisi mobil/motor) untuk mengurangi kecepatan kendaraan. Bagi pengguna mobil matik, dalam kondisi macet juga biasakan pindah transmisi ke posisi netral. Ini akan meringankan kerja rem.

Jaga minyak rem untuk selalu di level maksimum dan selalu menyediakan minyak rem cadangan apabila di perjalanan terjadi kebocoran. Tapi ada sedikit tips darurat dimana situasi minyak rem bocor atau habis, tapi Anda tidak menyediakan minyak rem cadangan.

Sebagai pengganti minyak. Bisa menggunakan air teh kental diusahakan buat sekental mungkin. Teh kental bisa menggantikan fungsi minyak rem untuk sementara waktu sampai Anda menemukan bengkel terdekat. Setelah mendapatkan bengkel, kuras air teh yang tersisa dan segera ganti dengan minyak rem baru.

Yang perlu diingat, teh dan minyak rem tetap senyawa yangberbeda. Minyak rem standar DOT 03, punya titik didih 145 derajat celcius. Sementara minyak rem hanya punya titik didih 60 derajat celcius. Jangan memacu kecepatan mobil di atas 50 km/ jam. Apabila mesin panas, membuat teh mendidih dan menguap.

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Facebook RSS Feed More