Saturday, November 26, 2011

Modifikasi Land Rover 6 Ban Berjuluk "Tentara Kiamat"


Departemen Pertahanan Australia boleh jadi selalu siap melibas segala medan keras dengan kendaraan tempurnya. Namun bagaimana jadinya jika mereka turun ke lintasan balap, seperti arena dragrace? Alih-alih, sebuah Land Rover Defender dibikin jadi enam ban dan dijejali mesin Chevy 7,0 liter C5R dengan corong LS6 dan supercharger Whipple. Mobil garapannya ini pun dinamai "Armygeddon" (atau diterjemahkan secara bebas menjadi Tentara Kiamat).

Omong-omong soal Land Rover enam ban, model semacam itu memang ada, tapi jarang. Fungsinya, biasanya untuk memenuhi tugas-tugas khusus seperti perbekalan berat atau kebakaran. Namun, Starr Performance selaku rumah modifikasi yang disewa Departemen Pertahanan Australia ini mengaku membuat sasisnya (custom) dari empat ban menjadi untuk enam ban.


Mobil dengan roda blink-blink dan tipis-besar ini pun pernah diikutsertakan dalam ajang Clipsal 500 pada 17-20 Maret 2011. Ajang buat mereka yang ingin menunjukkan bakat dan potensi untuk mengembangkan divisi teknologi kemiliteran.

Rodanya berukuran 24 inci. Tampilannya pun kian mencolok saat di lintasan karena kerap berdecit dan "ngebul" akibat dicurahkan tenaga mesin sebesar 898 HP, yang diteruskan oleh transmisi 2-percepatan Powerglide dan differential pinjaman dari Nissan Patrol.

Catatan tenaga itu diperoleh dalam sebuah tes dyno. Herannya, bagaimana cara mereka menjalani uji untuk kendaraan beroda enam, sementara dyno lazimnya untuk mobil roda empat? Ah, kalau ide gila mewujudkan mobil monster semacam ini saja sukses, masa dyno untuk Land Rover enam ban tidak bisa.



sumber:otomotif.kompas.com

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Facebook RSS Feed More