Tuesday, November 29, 2011

Agar Usia Pakai Aki Maksimal


"Masalah usia pakai aki sangat tergantung dari perawatan selama masa pakai itu sendiri," jelas Ronny, marketing PT. Astra Otoparts selaku pemegang merek aki GS. Walau tak ada garansi, bukan berarti aki tersebut jelek. Perawatan sepele seperti memperhatikan ketinggian air aki masih sering terlewat oleh pemilik kendaraan.

"Apabila terawat, dalam arti rutin mengecek kondisi aki. Baik ketinggian air aki, kondisi terminal aki sampai tegangan yang dihasilkan. Usia pakai aki dijamin akan maksimal," ucap Sofyan, teknisi gerai Jago Aki di Jl. Sultan Iskandar Muda No.18H, Jaksel.

Menjadi pemegang merek aki NGS, Jago Aki satu-satunya gerai yang berani memberikan garansi aki hingga 20 bulan, tergantung jenis aki dan kondisi mobil, selama mengikuti anjuran perawatan yang diberikan.

Karena usia pakai aki tergantung dari berbagai komponen seperti alternator, dinamo starter dan kondisi aki itu sendiri. Maka konsumen diharapkan rutin menjalani perawatan tiap maksimal 3 bulan sekali. Artinya, kalau sampai kinerja alternator terganggu, otomatis suplai listrik ke aki akan terganggu.

Begitu juga dengan dinamo starter mesin. "Beban terberat aki pada saat mesin distarter, karena aki tidak dalam proses pengisian dari alternator, tapi beban listrik dinamo starter sangat berat," lanjut teknisi murah senyum ini.

Mengeceknya memerlukan alat khusus yang bisa membaca kondisi suplai listrik dari aki. Jangan lupakan kondisi terminal aki loh. Kalau kotor bisa menghambat arus listrik yang mengalir.

Caranya cukup dengan meletakan terminal pada kepala aki positif dan minus. Kemudian pasang beban pada aki yang nilainya sama dengan kondisi saat mesin distarter. "Apabila tegangan aki menunjukan kurang dari 9 volt, artinya kemampuan aki menyimpan listrik berkurang," jelas Hendrik, teknisi bengkel Nawilis di Jl. Tanah Abang I/12A, Jakpus.

Mengecek suplai aki dari alternator memerlukan alat minimal multitester. Pasang terminal multitester di kepala aki kemudian lihat nilai yang dikeluarkan aki ketika mesin hidup. Angka yang dikeluarkan harus mencapai minimal 13 volt atau lebih.



sumber: metroaktual.com

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Facebook RSS Feed More