Di saat Light Emitting Diode (LED) baru digunakan pada sebagian kecil mobil mewah sebagai lampu depan, teknologi pencahayaan untuk kendaraan bermotor yang dinilai lebih superior ternyata, sudah siap pula diperkenalkan. Teknologi pencahayaan atau lampu mobil yang dinilai sangat hebat itu adalah sinar laser.
Perusahaan mobil yang mengklaim sudah berhasilkan mengembangkan lampu depan tipe laser adalah Bayerische Motoren Werke (BMW). Padahal saat ini BMW masih membanggakan teknologi LED lampu depan yang digunakan pada Seri-6 dengan fitur, yaitu “Anti-Dazzle High Beam Assistan” (anti-silau) dan “Dynamic Light Spot”, lampu yang bisa menandai penjalan kaki secara otomatis secara tepat dan membantu mengarahkan pengemudi.
Untuk i8
BMW mengatakan, teknologi sinar laser sebagai lampu depan sudah bisa dimanfaatkan dalam beberapa tahun mendatang. Bahkan dikatakan, salah satu model dari sub-brand BMW, yaitu i8 yang akan diproduksi pada 2014 diperkirakan sudah bisa menggunakan lampu depan dengan teknologio laser ini.
Dijelaskan, lampu laser dapat memenuhi kebutuhan seluruh kebutuhan dan fasilitas fungsi lampu mobil yang lebih aman dan nyaman plus efisiensi energi yang jauh lebih baik.
Berdasarkan definisi, lampu laser sangat berbeda dari cahaya matahari dan juga dari berbagai tipe cahaya tiruan atau artifisial yang umumnya digunakan saat ini. Cahaya laser adalah tipe monochromatic, yang berarti semua gelombang cahayanya sama panjang. Di samping itu, juga dikenal sebagai sumber cahaya “koheren” yang berarti perbedaan fase gelombangnya konstan.
Alhasil, laser menghasilkan sorotan sinar paralel yang berdekatan dengan intensitas ribuan kali lebih kuat dari lampu konvensional LED. Karakteristik seperti ini bisa menambah berbagai fitur baru bila digunakan untuk lampu depan. Di samping itu, dengan efisiensi sinarnya yang sangat tinggi, kalau digunakan untuk lampu depan, energi yang dibutuhkan hanya setengah dari lampu LED. Berarti lampu laser sangat hemat energi!
Aman!
Intensitas sinar laser untuk lampu depan, dikatakan oleh para insinyyr BMW tidak akan menimbulkan risiko pada makhluk hidup, yaitu manusia dan binatang. Pasalnya, sinar laser tidak ditembakkan langsung ke jalan atau ke depan. Di dalam bohlam, sinar laser diubah dulu sesuai dengan kebutuhan penerangan lalu lintas di jalan raya. Cahaya yang dihasilkan dikatakan sangat terang, putih dan menyenangkan mata.
Dijelaskan pula, teknologi penerangan laser yang aman saat ini sudah digunakan pada berbagai produk tanpa sepengetahuan pemakai. Karena itulah, lampu laser ini tidak akan menimbulkan masalah bila nantinya digunakan.
Diode 10 mikro
Implikasi penting teknologi laser adalah ukuran diodenya. Panjang hanya 10mikro (µm), yang berarti bisa dibuat sampai seperseratus kali lebih kecil dari ukuran sel lampu LED konvensional dengan panjang sisi satu milimeter. Dengan ini pula, memungkinkan semua sumber lampu bisa disatukan.
Berkaitan dengan ukuran tersebut, para insinyur BMW belum punya rencana radikal untuk mengurangi ukuran lampu depan, kendati secara teori memungkinkan. Kemungkinkan BMW akan tepat mempertahankan dimensi dan luas permukaan lampu konvensional. Tujuannya untuk menjaga penampilan BMW sesuai dengan khasnya selama ini. Hanya dijelaskan, kedalam lampu bisa dikurangi atau lampu depan bisa saja dipasang pada bagian dari bodi mobil.
170 Lumen per Watt
Keuntungan lain lampu laser adalah efisiensinya yang tinggi. Menurut BMW, berdasarkan statistik tunggal, lampu LED menghasilkan penerangan hanya 100 lumens per Watt, sedangkan sinar laser 170 lumens. Faktor terakhir inilah yang membuat BMW sangat bergairahkan menggunakan lampu depan dengan teknologi laser.
Agar bisa digunakan buat keperluan harian dan juga aman bagi makhluk hidup, sebelum sinar dari diode laser kecil dilepaskan ke jalan, cahaya kebiruan-biruannya diubah dulu. Untuk itu, di dalam bohlam diisi gas fluorescent phosophor. Hasilnya, sinar yang dihasilskan menjadi putih bersih, terang dan tidak menyakitkan mata.
Direncanakan, di masa yang akan datang, BMW akan menggunakan lampu depan laser dengan fitur seperti sekarang, yaitu “Adaptive Headlight”, “Dynamic Light Spot” dan “Anti-Dazzle High Beam Assist”. Mantappp!
Sumber :kompas.com
0 komentar:
Post a Comment