Friday, August 12, 2011

Transmisi CVT (Continuosly Variable Transmision)

Perkembangan dunia otomotif tidak hanya kemunculan kendaraan-kendaraan baru, namun juga teknologi yang mengiringinya. Untukpower train, dalam hal ini transmisi, telah mengalami evolusi yang sedemikian pesatnya. Dari transmisi manual --> transmisi otomatis --> CVT (Continously Variable Tranmision). Sejak dari transmisi otomatis ditemukan, pedal kopling yang membuat kaki pegal ketika melewat kemacetan lalu lintas bisa dieliminasi. Namun ternyata itu saja belum cukup, hentakan yang dirasakan saat perpindahan transmisi otomatis menjadi kekurangan yang dirasakan para pengguna kendaraan. Namun itu semua bisa teratasi sekarang, dengan ditemukannya Tranmisi Automatic CVT. Perpindahan percepatan terasa halus dan mulus mulai dari start sampai kecepatan maksimum.

CVT (Continously Variable Transmision) adalah transmisi yang menggunakan puli dan belt (sabuk) untuk menciptakan perbandingan putaran (transmisi manual dan transmisi otomatis biasa menggunakan gear). Perubahan rasio diperoleh dengan kemampuan puli yang dapat menambah atau mengurani diameternya. Kehalusan yang diperoleh dari CVT ternyata menyisakan kekurangan dalam hal kemampuan menyalurkan tenaga yang besar. Itulah alasan kenapa CVT hanya digunakan untuk kendaraan-kendaraan kecil. kekurangan lainnya adalah karena perbandingan "gigi" diperoleh dengan besar kecilnya diameter puli, butuh transmisi yang BESAR untuk menghasilkan perbandingan gigi yang lebih bervariasi.

Namun inilah hebatnya perkembangan dunia otomotif. Setiap permasalahan selalu ada solusi. Saat ini sedang dikembangkan, bahkan sudah mulai diaplikasikan, perpaduan antara CVT dengan planetary gear. Dengan planetary gear, CVT dapat menghasilkan perbandingan "gigi" setara dengan 7 tingkat percepatan transmisi manual dengan kontruksi yang kompak. Penggunaan gear (roda gigi) yang dianggap kuno dan ketinggalan jaman sekarang menjadi unsur yang semakin mengokohkan CVT sebagai model transmisi masa kini. Seperti dunia mode, ternyata siklus perkembangan otomotif akan kembali ke masa-masa awal meskipun tidak 100%.


sumber:www.gaplek.com:

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Facebook RSS Feed More